Depok, netinfo.id – Semangat berkendara aman dan penuh gaya kembali digaungkan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) lewat gelaran Safety Riding Short Movie Contest (SMC) 2025, yang tahun ini berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI).
Ajang ini mengajak generasi muda untuk unjuk kreativitas membuat konten keselamatan berkendara, dengan mengusung tema “Safe Ride With Pride.”
Kampanye yang menyasar pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum ini mengusung pendekatan khas anak muda edukatif, kreatif, dan pastinya relevan dengan era digital saat ini.
SMC 2025 membuka dua kategori kompetisi, yaitu film pendek berdurasi 1-3 menit dan TikTok Challenge berdurasi 30-60 detik. Peserta dapat mengunggah karya mereka melalui Instagram, TikTok, maupun YouTube dengan menyertakan pesan positif dan edukatif terkait keselamatan berkendara.
Ajang ini menjadi bagian dari komitmen Yayasan AHM dalam kampanye Road Safety Campaign, yang terus dilakukan secara berkelanjutan.
Tak hanya itu, sebagai bentuk kolaborasi nyata, Yayasan AHM bersama UI juga mengukuhkan 30 agen safety riding di lingkungan kampus sebagai pelopor keselamatan berkendara.
Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menegaskan bahwa kegiatan ini bukan sekadar lomba, melainkan wadah berekspresi dan mengajak anak muda untuk menjadikan keselamatan berkendara sebagai bagian dari gaya hidup.
“Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin mengubah kepedulian terhadap keselamatan berkendara menjadi sesuatu yang menyenangkan dan lekat dengan keseharian anak muda. Lewat konten-konten kekinian, kami berharap budaya aman berkendara bisa meluas dan mengakar kuat,” ujarnya.
Edukasi + Experience: Komplit!
Sebelum kompetisi dimulai, ratusan anak muda antusias mengikuti sesi talk show “Semarak Keselamatan Berkendara” di kampus UI. Hadir sebagai pembicara tokoh-tokoh penting dari UI, Korlantas Polri, hingga Yayasan AHM.